6/05/2020

Video, Demonstran Non-muslim Lindungi Umat Islam Salat di Tengah Unjuk Rasa


Sebuah pemandangan menyejukkan terlihat di tengah panasnya gelombang protes kematian George Floyd di Amerika Serikat. Para pemrotes non-muslim tampak berdiri melingkar, agar sesama demonstran yang beragam Islam bisa salat dengan aman. 

Peristiwa yang terjadi di New York ini diunggah oleh @SJPeacekemarin (4/6) dan telah viral hingga disukai lebih dari 80 ribu warganet di Twitter.

"Aku suka ini, ini baru kemanusiaan!" cuitnya. "Mereka benar-benar siap untuk ditembak gas air mata dan peluru karet supaya sesama umat muslim bisa berdoa dengan tenang."

Di dekat mereka terdapat barikade polisi anti huru-hara yang berjaga dengan perlengkapan lengkap. Namun puluhan demonstran muslim tampak dengan khusyuk melaksanakan ibadahnya di jalanan berkat perlindungan pemrotes lainnya.

Aksi unjuk rasa tersebut menuntut keadilan bagi George Floyd yang tewas karena tindak kekerasan dari seorang polisi Derek Chauvin. Mereka juga menuntut dibasminya aksi rasisme yang sangat meresahkan warga kulit hitam dan minoritas di AS.


Berdasarkan data Pew Research Center, warga keturunan Afrika-Amerika meliputi seperlima dari total populasi umat muslim di Amerika Serikat. Data itu juga menyebutkan kaum muslim kulit hitam lebih banyak mengalami diskriminasi ketimbang warga kulit hitam non-muslim.

Melihat video di atas banyak warganet mengapresiasi tindakan yang dilakukan para demonstran. 

#TrendingDunia

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post