6/15/2020

Usai Kritik Penyiram Novel Baswedan 'Tak Sengaja', Bintang Emon Diserang Buzzer



Nama komika Bintang Emon tengah melejit hingga bertengger di trending topic nomor satu di Tanah Air, Senin (15/6) pagi ini. Para netizen ramai mendukungnya karena diduga diserang buzzer akibat bit stand up comedy-nya menyindir persidangan Novel Baswedan.

Serangan terhadapnya dilakukan sejumlah akun 'buzzer' yang menyebarkan isu bahwa sang pelawak tunggal tersebut menggunakan narkoba. Berikut ulasannya.


Pemilik nama lengkap Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra diserang sejumlah akun abal-abal. Para netizen menyebut mereka sebagai 'BuzzerRp', atau penyebar informasi bayaran.

Sejak awal video unggahan Bintang yang berdurasi 1.43 menit kala itu, banyak netizen dan rekan yang mengingatkan untuk menjaga diri, baik fisik serta batin.

Tak disangka, kekhawatiran mereka terkait sindiran pengadilan penyiram air keras Novel Baswedan benar-benar terjadi. Para akun ini menuduh Bintang sebagai pemakai narkoba, serta menyerang akun pribadi miliknya.

Akun Keluarga dan Manajer Bintang Jadi Sasaran
See detail
Instagram bintangemon ©2020 Merdeka.com

Tak tanggung-taggung para akun bayaran yang kini disebut sebagai BuzzerRp oleh para pengguna media sosial itu, telah menyerang akun email pribadi, kakak, dan manajer.

Dilansir dari Liputan6.com, hal ini dibenarkan oleh Bintang Emon. Dia mengungkapkan akunnya termasuk keluarga dan manajer, menjadi sasaran "perbuatan bandel" seseorang.

Mayoritas netizen menduga, hal tersebut dipicu atas bit stand up comedy milik Bintang yang diunggahnya di media sosial pada Jumat (12/6), terkait sindiran persidangan Novel Baswedan.



Akun atas nama Tiara61636212 menyebarkan cuitan di Twitter disertai foto editan Bintang Emon. Para akun buzzer tersebut mengedit sang komika tengah membawa bong narkoba dan sabu-sabu.

"Bro Emon mulai gelisah, takut di tes urin oleh aparat. Jangan pake sabu bro kalau mau buat doping… masa depanmu menjadi taruhan.  @bintangemon #GakSengaja #NovelBaswedan Gak Sengaja," tulis akun Tiara61636212.


"Demi menjaga stamina menjadi komika Emon mengakui memakai Narkoba.
@bintangemon #GakSengaja #NovelBaswedan Gak Sengaja," cuitan Tiara selanjutnya.

Dukungan Rekan
Komika jebolan Stand Up Comedy Academy 3 Indosiar itu mendapat dukungan dari rekan sesama pelawak tunggal, Pandji Pragiwaksono.

Pandji nampak siap pasang badan membela Bintang Emon. Dia menyertakan cuitannya dengan tudingan yang dilontarkan para akun.


"Sekarang Indonesia tau Bintang Emon melakukan hal yang benar karena fitnah oleh organisator akun-akun ini mengungkap bahwa mereka ada di posisi yang salah," cuit Pandji yang telah di retweet lebih dari 15 ribu dan disukai 28 ribu pengguna Twitter hingga hari ini (15/6).

Penyebar Hoaks Diduga Akun Bayaran
Potret editan Bintang Emon disertai tuduhan tersebut membuat netizen menduga, bahwa para oknum di belakang kasus penyiraman air keras Novel Baswedan tengah bergerak membalas.

"Akun bajer begini kalo direport dan ngilang tinggal bikin akun lagi.. jadi asa percuma lama lama. kesel aing," tulis mbaapotik.

"Buat @Tiara61636212 dari pada lu ngefitnah orang mending buka slot #OPENBO biar ada gunanya lu idup," tulis Maulanailhm76.

"Report aja rame-rame akun nggak guna kayak gini," tulis adiroviant.

"Dibayar berape lo jadi buzzeRp," tulis nuranzka.

"Teruskan jadi buzzer kodok mayan buat bayar tagihan listrik biaya hdup makin tiinggi kasihan nanti lu kaga bisa makan," tulis rachma_die.

Bikin Netizen Khawatir
Tak ayal tindakan para oknum membuat para netizen khawatir atas keadaan Bintang. Tak henti-hentinya untaian doa dan dukungan ditinggalkan dalam kolom komentar.

"Gue takutnya ada yang sengaja ngirim paket sabu, trus pas tes urine, hasil urine nya dituker sama yg udah positif sabu," tulis azizrisqii.

"Takutnya ntar pas penggeledahan malah pihak penggeledahnya yang bawa sabu terus diselipin dibarangnya bintang emon. udah pernah kejadian kaya gitu soalnya walaupun tesnya negatif tapi kan dia jadi difitnah kepemilikan sabu," tulis menantu_impian.

"Gw mulai percaya buzzerRP megang peran penting di sosmed. PLN diprotes banyak org tiba2 akun2 "joined since 2020" sahut2an nebar hashtag. Sekarang ada komika ngutarain keresahannya (dan keresahan banyak orang) langsung diserang buzzer jugak. Malaikat lembur nyatat dosa lo hei buzzerRP," tulis FarasDianda.

"Khawatir banget sama bang bintang," tulis uyiihere.

"Semoga kejadian gini bisa bikin sadar warga Twitter yang dulu nggak peduli sama politik, jadi aware kalau politik yang salah itu juga bisa bikin hidup nggak tenang," tulis HandJor.

Video Bintang Emon Sindir Jaksa Sebut Pelaku Penyiraman Novel Baswedan Tak Sengaja
Berikut videonya:


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post