5/10/2020

Tak Nyerah Usai Terkena PHK Korona, Warganet Tawarkan Jasa Secara Online



Pandemi virus korona baru COVID-19 memukul banyak sektor industri di Indonesia, akibatnya tak sedikit karyawan yang terkena PHK. Dalam kondisi berat seperti saat ini, mau tak mau harus berpikir kreatif untuk tetap menyambung hidup setelah kehilangan pekerjaan.

Buat kamu yang mengalami kondisi PHK ini, ada banyak inspirasi yang bisa kamu ambil dari beberapa warganet yang mencari penghidupan baru di media sosial. Berikut ini contohnya:

Jasa Penulis serta Penerjemah

@astarinthegloom merupakan salah seorang pegawai yang ikut dirumahkan akibat virus korona, dalam cuitannya ia membuka jasa untuk menulis serta sebagai penerjemah untuk pekerjaan lepas ataupun pekerjaan penuh.

Cuitannya viral setelah memperoleh 1,500 retweets serta 1,900 likes.



Jasa Ilustrasi Foto

@moonjuliy seorang warganet yang membuka jasa kreatifitas ilustrasi foto. Akun itu mengaku semenjak wabah korona melanda Indonesia, ia kesulitan untuk memperoleh pemasukan. Cuitannya viral setelah mendapatkan 14,000 retweets serta 16, 700 likes.



Kementerian Ketenagakerjaan mencatat adanya 2.084.593 pekerja terpaksa dirumahkan dan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi korona.

Untuk perusahaan di sector formal yang terkena dampak wabah hingga April 2020 sebanyak 84. 926 perusahaan, sedangkan pekerja atau buruh di sektor tersebut yang terkena PHK ada 1.546.208 orang.

Bila ditinjau berdasar berdasarkan provinsi, pekerja atau buruh dari sektor formal yang paling banyak terkena PHk ada di jawa Timur sebanyak 59.270 orang, Jawa Tengah 53.281 orang, DKI 48.000 orang serta Jawa Barat 41.771 orang.

“Total antara sektor formal dan informal yang di-PHK dan dirumahkan itu perusahaannya ada 116.370 dan jumlah pekerjanya ada 2.084.593,” ujar Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. Informasi selengkapnya dapat dibaca DI SINI

Apakah kamu juga menawarkan jasa secara online setelah terkena PHK, yuk tulis usahamu di kolom komentar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post