-->

5/29/2020

Pemprov DKI Minta Warga Terlanjur Mudik untuk Sementara Tetap di Kampung


Pemprov DKI Jakarta meminta agar 1,8 juta orang yang terlanjur mudik tak balik ke Jakarta. Mereka diminta bertahan di kampung halamannya sampai dua pekan ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan instruksi ini tak hanya bagi warga Jakarta, tapi Juga Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek). Pasalnya untuk masuk ke kawasan Jabodetabek, diperlukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Jadi saya imbau warga Jabodetabek yang sudah telanjur keluar buat dua minggu ke depan bertahan dulu di kampung," ujar Syafrin dalam siaran langsung di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (28/5/2020).

Syafrin menjelaskan, untuk masuk Jakarta saat ini sedang sulit karena yang berhak dapat SIKM hanyalah orang yang memenuhi syarat khusus. Jika tidak termasuk kategori itu, maka ia minta orang yang mudik itu bekerja membangun kampungnya untuk sementara waktu.

"Bertahan dulu di kampung silahkan bangun kampung, jangan balik dulu," jelasnya.

Menurutnya imbauan ini bertujuan menjadikan PSBB fase ketiga sebagai masa penghabisan. Jika tak banyak yang kembali, penularan virus corona Covid-19 berkurang, maka PSBB bisa diakhiri.

"Karena kita lagi masuk tahap terakhir buat putus rantai. Mari tetap di rumah jaga jarak pakai masker buat putus rantai," pungkasnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post