5/26/2020

Kemenkumham Ungkap Kronologi Wawancara Tak Berizin Deddy Corbuzier-Siti Fadilah



Wawancara Deddy Corbuzier dengan terpidana korupsi alat kesehatan, Siti Fadilah Supari, tak memiliki izin Kemenkumham. Deddy mendatangi Siti bahkan tanpa izin petugas jaga. Selain itu, ruangan tempat Siti Fadilah sempat dikunci dari dalam sehingga petugas bahkan perawat tak bisa masuk.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti, mengungkapkan wawancara tersebut diperkirakan berlangsung Rabu (20/5) di ruang Paviliun 206 RSPAD. Saat itu, Siti tengah dirawat di RSPAD setelah sebelumnya mengeluh sakit asma.

Saat itu, dua petugas Rutan Pondok Bambu ikut menjaga ruangan Paviliun 206. Pukul 21.30 WIB, ada 4 orang yang mendadak masuk ke kamar tempat Siti dirawat.

"Bahwa pada pukul 21.30 WIB, ada 4 orang (2 laki-laki, 2 perempuan) yang masuk ke ruang rawat Siti Fadilah mengenakan masker. Dan salah satunya menggunakan penutup kepala dari jaket dan mengenakan ransel. Satu di antaranya adalah Deddy Corbuzier," kata Rika melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/5).

See detail
Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari saat sidang Peninjauan Kembali di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (23/7). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Petugas tak sempat menanyai maksud kedatangan keempat orang yang langsung masuk ke dalam kamar perawatan Menteri Kesehatan era Susilo Bambang Yudhoyono itu. Bahkan, kamar langsung dikunci dari dalam.

"Petugas jaga tidak sempat bertanya karena saat akan bertanya apa kepentingan dan keperluan dari tamu tersebut, pintu kamar sudah dikunci dari dalam, termasuk saat ada perawat yang ingin masuk ruang rawat untuk memberi obat-obatan pun dilarang masuk oleh keluarga yang bersangkutan," tambah Rika.

Pihak Kemenkumham tak mengetahui apa yang dilakukan empat orang tersebut dalam ruangan Siti. Hingga kemudian video wawancara muncul di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

"Pihak Rutan Pondok Bambu mengatakan baru mengetahui adanya wawancara tersebut, setelah melihat video wawancara Siti Fadilah dan Deddy Corbuzier di instagram milik Deddy Corbuzier, pada hari Kamis, 21 Mei 2020," ujar Rika.

Wawancara itu muncul dalam video bertajuk SITI FADILAH, SEBUAH KONSPIRASI-SAYA DIKORBANKAN (EXCLUSIVE), Siti berbincang dengan Deddy tentang banyak hal, seperti penanganan flu burung hingga dugaan konspirasi virus corona. Dalam wawancaranya, Siti pun sempat mengeluhkan PP 99 Tahun 2012 yang membuatnya tak bisa mendapat asimilasi karena statusnya sebagai narapidana korupsi.

kumparan sudah mencoba menghubungi pihak Deddy Corbuzier, namun belum mendapatkan respons sampai saat ini.

Siti Fadilah merupakan narapidana kasus korupsi alat kesehatan. Ia dihukum empat tahun penjara oleh hakim dan baru akan bebas pada Oktober 2020 mendatang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post