-->

5/29/2020

Kaesang Sebut Pandemi Covid-19 di Jakarta Bisa Diatasi Jika Dirinya Menjadi Gubernur?


Foto Kaesang Pangarep yang mengenakan kemeja berwarna putih dengan celana pendek merah viral di jagad maya. Pada foto tersebut disertai narasi yang seolah Kaesang mengatakan dirinya dapat mengatasi pandemi virus Korona (covid-19) di DKI Jakarta, jika dirinya menjadi Gubernur.
 
Akun Facebook SiBruno menyebarkan foto tersebut pada Senin, 25 Mei 2020. Pemilik akun menambahkan keterangan foto bertuliskan: "menjelang pilKB ehh pilkada".
 
Berikut narasi yang terdapat pada foto putra dari Presiden Joko Widodo tersebut:
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Happy Inspire Confuse Sad
 
"Masalah Virus Corona Di Jakarta Bisa Di Atasi Kalau Sy Jd Gubernur Di Sana"



Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Kaesang Pangarep mengatakan dirinya dapat mengatasi pandemi covid-19 di DKI Jakarta, jika dirinya menjadi Gubernur, adalah salah. Tidak ada pemberitaan atau pernyataan resmi dari Kaesang yang meyatakan demikian.
 
Melalui reverse image, foto yang disebar akun Facebook SiBruno berasal dari akun resmi Instagram Kaesang. Foto tersebut, dinggah pada Minggu, 24 April 2020. Kaesang memberikan caption pada foto tersebut:
 
"Atas kemeja, bawahan celana pendek dan pake srandal. OOTD ngantor jaman now"

Foto serupa juga dimuat Merdeka.com melalui artikel berjudul "Potret Gaya 'Ngantor Zaman Now' Ala Kaesang Pangarep, Warganet Ngakak". Pula, Liputan6.com menurunkan artikel menggunakan foto Kaesang tersebut melalui artikel berjudul "Gaya WFH Kaesang Pangarep yang Bikin Geleng Kepala".
 
Tidak ada hubungan antara foto Kaesang mengenakan kemeja berwarna putih dengan celana pendek merah dengan pernyataan dapat mengatasi pandemi jika menjadi gubernur DKI.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Kaesang Pangarep mengatakan dirinya dapat mengatasi pandemi covid-19 di DKI Jakarta, jika dirinya menjadi Gubernur, adalah salah. Tidak ada pemberitaan atau pernyataan resmi dari Kaesang yang meyatakan demikian.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post