Cara Menyimpan Telur Agar Awet


Sebagai bagaian dari bahan makanan sehari-hari, kita kerap membeli telur dalam jumlah banyak sebagai stok. Yup alasanya telur sangat mudah di olah dan dikreasikan untuk masakan yang lain.

Namun karna beberapa faktor telur-telur tersebut tidak habis terpakai dalam waktu lama sehingga akhirnya rusak atau busuk. Yah terpaksa harus dibuang.

Tapi nether jangan menyerah, kita bisa menyimpan telur agar bisa lebih awet lama.

Cara Agar Stok Telur Kita Awet Lama


1. Cuci Sebelum Kita Simpan

Kotoran pada cangkang telur terdapat bakteri, yang bisa ngekontaminasi isi telurkita. Bahkan bahan makanan lain yang ada didekat telur

2. Simpan Telur Kedalam Kulkas


Menurut Dr. Rosamund Baird dan Dr. Jane, ilmuwan Kedokteran Hewan asal Universitas Bristol, bakteri salmonella adalah bakteri yang mudah mengontaminasi telur. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyimpan telur dalam ruangan bersuhu dingin. Hal ini disebabkan oleh kemampuan suhu dingin dalam menghambat perkembangan bakteri.

BPOM Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) mewajibkan semua telur disimpan di bawah suhu 45° F (7° C) setelah dicuci. FDA juga menyebut telur yang disimpan di dalam kulkas dengan suhu rendah bisa bertahan hingga 5 pekan!

3. Kita Juga Bisa Menyimpan Telur Dalam Freezer

Kabarnya kita bisa menyimpan telur yang bisa awet dalam waktu satu tahun. Caranya dengan menyimpan telur dalam freezer dengan suhu dibawah 0° F (-18° C). Tapi, telur yang disimpan di dalam freezer adalah telur tanpa cangkang. Jadi, kamu harus memecahkannya terlebih dahulu. Pisahkan kuning dan putih telur di wadah yang berbeda. Selain itu, pastikan untuk menutupnya dengan rapat agar nggak mudah terkontaminasi.

4. Hindari Menyimpan Telur Pada Pintu Kulkas

Sebaiknya mulai sekarang jangan menyimpannya di rak pintu kulkas. Mengapa? Karena guncangan saat membuka dan menutup pintu kulkas dapat menimbulkan kerusakan pada isi telur. Selain itu suhu di pintu kulkas juga berubah rubah karna sering buka tutup pintu kulkas.

Bagaimana dengan yang tidak punya kulkas?

Buat kita yang tinggal di rumah atau kos tanpa kulkas, jangan khawatir telur akan mudah membusuk. Ternyata, di suhu ruang, telur bisa bertahan selama 1-2 minggu kok.

O ya, kamu bisa menyimpannya menggunakan rak khusus atau kardus telur. Jangan lupa pisahkan telur dengan bahan makanan yang lain agar tidak terkontaminasi.

Terima kasih telah membaca artikel kami, tinggalkan komen pada kolom dibawah ini

Click to comment