Curi Motor, Tak Sadar Jual ke Pemiliknya Sendiri



Muhfid (42) nekat membawa kabur sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi W 2328 BI yang tengah diparkir di sebuah warung yang ada di depan sebuah pabrik di Dusun Tanggungan, Lamongan, Jawa Timur.

Pelaku dengan mudah membawa kabur motor yang masih terdapat kunci kontak, karena si pemilik lupa mencabutnya.

Namun, ironisnya, Muhfid tertangkap oleh pemilik motor setelah pelaku mencoba menjual motor korban.

Kejadian bermula saat korban DL (35), warga Dusun Tanggungan, Desa Wringinanom, Kecamatan Wringinanom, Gresik, lupa mencabut kunci motor miliknya.

Baca juga: Pembunuh Tukang Pijat di Gresik Sempat Jadi Buruh Bangunan di Berau

Melihat kondisi tersebut, Muhfid langsung bertindak dan dengan hitungan menit dan membawa kabur motor milik DL.

Namun, siapa sangka, motor hasil curian yang kemudian dijual oleh pelaku melalui jejaring sosial dan malah diketahui oleh korban.

"Jadi, motor tersebut oleh pelaku dijual secara online, melalui info jual-beli motor yang ada di Facebook. Dan ternyatapostingan itu diketahui oleh korban, yang kemudian mengajak chatting pribadi dengan berpura-pura hendak membeli motor tersebut," ujar Kanit Reskrim Polsek Wringinanom, Aipda Dwi Rahmanto, saat dihubungi, Senin (9/12/2019).

Lantaran tidak merasa curiga, lanjut Dwi, pelaku antusias melanjutkan pembahasan terkait negoisasi harga dan menyepakati untuk bertemu langsung dengan korban.

Setelah mendapati kepastian waktu bertemu, di satu sisi korban menghubungi pihak kepolisian untuk meminta bantuan.

"Saat itu disepakati harga Rp 7,9 juta. Namun, sebelum bertemu, korban sudah mengontak kami untuk ikut melihat motor yang ditawarkan," ujar Dwi.

Akhirnya, anggota gabungan dari Reskrim Polsek Wringinanom dan Resmob Polres Gresik ikut memantau pertemuan yang disepakati tanpa disadari oleh pelaku.

Baca juga: Pembunuhan Tukang Pijat di Gresik, Pelaku Jual Ponsel Korban untuk Modal Kabur



Begitu pula dengan calon pembeli, yang tanpa disadari oleh pelaku merupakan pemilik motor yang ia tawarkan.

"Begitu yakin jika motor tersebut adalah miliknya yang hilang dicuri sebelumnya, kami pun bertindak dan mengamankan pelaku. Setelah kami interogasi, dia mengakui jika motor tersebut hasil curian," ucap dia.

Selain motor milik DL, pelaku juga mengaku telah beberapa kali menjual motor hasil curian secara daring, tanpa dicurigai oleh pembelinya.

Namun, kali ini pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatan yang telah dilakukan.

Penulis: Kontributor Gresik, Hamzah ArfahEditor: Robertus Belarminus
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
Loading...